Kamis, 08 Desember 2011

Kandang dan Perlengkapan Hamster

Kandang Hamster
Jenis Kandang Kandang hamster umumnya terbuat dari plastik atau kawat tegak lurus yang membentuk jeruji. Kedua jeni~ kandang ini kini sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi. Jika mengalami kesulitan dalam memperoleh kedua jenis kandang tersebut, kita bisa memanfaatkan aluarium atau ember plastik.Kelemahan akuarium untuk kandang hamster adalah sirkulasi udara di dalamnya terbatas. Karenanya, alas tidur hamster yang digunakan tidak mudah kering dan harus sering diganti. Jika menggunakan ember plastik, disarankan ember tersebut masih baru dan dindingnya licin, bukan ember bekas pakai. Biasanya dinding ember bekas sudah lecet-lecet. Hal ini bisa memudahkan hamster memanjatnya karena hamster adalah pemanjat yang sangat terampil. Selain itu, ember bekas biasanya berbau deterjen yang akan memabukkan dan mematikan hamster; Ember yang disarankan hanya ember yang terbuat dari plastik, bukan ember karet karena bau karet belum hilang. 

B. Peralatan yang Diperlukan
  • Alas Tidur, Hamster memerlukan alas tidur agar tubuhnya tetap kering dan: bersih: Alas tidur ini .juga menjadi sarang bagi induk hamster yang akan melahirkan. Dilihat dari bahannya alas tidur dibagi menjadi dua, yakni alas tidur yang berasal dari bahan alami dan alas tidur yang berasal dari bahan buatan.
Alas Tidur dari Bahan Alami Alas tidur yang berasal dari bahan alami harganya teejangkau dan mudah didapatkan, sehingga banyak dipakai para hobiis. Bahan alami yang paling populer dan banyak dipakai selama ini adalah serbuk kayu jati belanda yang berwama kuning gading atau wama kentang. Daya serap air serbuk kayu yang tipis dan berukuran agak panjang lebih tinggi dibandingkan dengan serbuk kayu yang agak tebal dan berukuran agak pendek. Bahan alami lain, seperti rumput kering, kulit jagung kering, jerami, atau merang juga bisa digunakan untuk alas tidur hamster. Ada juga hobiis yang menggunakan pasir, tetapi hal ini bukan pilihan yang tepat karena susah dibersihkan.

Alas Tidur dari Bahan Buatan Alas tidur yang berasal dari bahan buatan adalah alas tidur yang dibuat khusus untuk pemeliharaan hamster. Bahan bahan ini dibuat di pabrik dengan jenis bermacam-macam di antaranya berbentuk gulungan kertas berukurankecil keci1 berwarna abu abu, baik yang beraroma maupun yang tidak beraroma.
  • Tempat Pakan dari Tempat Minum - Memberi pakan hamster sebaiknya menggunakan wadah atau tempat pakan. Kita bisa memilih tempat pakan yang terbuat dari keramik, beling, melamin, atau plastik yang keras. Disarankan memilih tempat pakan yang bahannya tahan terhadap gigitan hamster dan mudah dicuci. Ada tiga jenis botol tempat minum hamster , perbedaan ketiganya terdapat pada ada tidaknya fasilitas untuk menggantungkan botol tersebut sbb;
  1. Botol minum yang dilengkapi sunction cup berupa plastik untuk menempelkan botol di dinding kaca atau akuarium.
  2. Botol minum yang memiliki "kuping" kecil di bagian atas yang berfungsi sebagai alat untuk menggantungnya.
  3. Botol minum yang memiliki klip yang terbuat dari plastik berbahan keras yang dapat diselipkan di pinggir .
  • Tempat Mandi dan Toilet Mandi yang dimaksud di sini adalah mandi yang tidak memakai" air sebagai media un,tuk membersihkan tubuh, tetapi "mandi Kering"; yakni dengan cara menggulinggulingkan badannya diatas media yang sangat kering. Pasir halus berwama putih adalah salah satu media yang baik untuk mandi hamster. Butirannya yang halus dan wamanya yang putih membuat kesan bersih dan kering, sehingga merangsang hamster berguling-guling. Pasir diletakkan di . dalam wadah berbentuk agak panjang dan ketinggiannya disesuaikan dengan ukuran hamster yang dipelihara, sehingga pasir tak bercecera saat hamster berguling-guling di dalamnya. Wadah berisi pasir diletakkan di dalam kanaang hainster. Ada juga wadah yang berbentuk rumah-rumahan yang bisa dibuka-tutup yang di dalamnya berisi butiran butiran kecil batu zeolit. Hamster memiliki naluri untuk membuang kotorarinya dan akan kencing di tempat yang sarna. Hal ini membuktikan bahwa hamster bukan hewan yang memiliki kandung kemih lemah. Naluri hamster untuk membuang kotoran selalu di tempat tertentu dapat dimanfaatkan agar kandang hamster dan alas tidurnya selalu bersih dan bebas dari kotoran. Karenanya, sebaiknya disediakan satu wadah untuk toilet berupa mangkuk kecil yang telah diisi serbuk kayu dan diletakkan di dalam kandang hamster. Mangkuk tersebut sebelumnya dibasahi dengan air untuk merangsang hamster agar mau membuang kotorannya di temp at ini karena hamster menilliki kebiasaan membuang kotoran di tempat yang lembap atau berair.
  • Mainan - Banyak mainan yang disukai hamster dan yang paling umum adalah kincir putar. Kincir ini seolah-olah mainan wajib bagi hamster, meskipun, di alam bebas,hamster tidak mengenal mainan semacam ini. Kincir putar yang baik terbuat dari bahan yang tahan gigitan hamster.
  • Bedak Jika ingin hamster yang kita pelihara beraroma wangi, kita dapat memberikan bedak yang biasa diberikan untuk anjing atau kucing dengan cara menaburkannya sedikit ke tubuh hamster bagian atas. Dengan cara ini hamster akan wangi dan tidak merasa gatal, sehingga tidak akan menggaruk tubuhnya. Kini, bedak untuk hamster juga sudah beredar di pasaran.
  • Obat-obatan Obat-obatan yang mutlak disediakan adalah obat luka. Obat ini sangat berguna untuk mengobati hamster yang terluka akibat perkelahian. Hamster. Harus diingat, sebaiknya tidak menunda mengobati hamster yang terluka di bagian hidung, pipit, dan mulut, karena jika terlambat bisa menyebabkan kematian. Obat luka yang disarankan adalah obat yang biasa digunakan manusia dengan tanda lingkaran hijau di kemasannya, bukan bertanda lingkaran merah (khusus obat luar). Obat dengan kode lingkaran merah tidak cocok diberikan kepada hamster karena dapat menyebabkan hamster keracunan. Jika obat ini sempat terjilat dan tertelan, meskipun hanya sedikit, efeknya sangat fatal karena ham.ster akan mati keracunan.
Obat Chloraphenicol juga perlu disediakan untuk mengantisipasi jika hamster mengalami kembung. Obat ini terbukti efektif untuk menghilangkan gejala kembung pada hamster. Prinsipnya, obat diberikan sedikit saja, dengan cara mencampurkannya dengan air minum.

Sumber : http://www.hammieshop.com/index.php?target=topics&topic_id=21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar