Rabu, 14 Maret 2012

ETIMASI BUDGET KAS

Budget Kas
            Budget kas adalah estimasi posisi kas untuk suatu periode tertentu yang akan datang. Dengan menyusun budget kas dapat diketahui kapan perusahaan mengalami defisit maupun surplus kas. Bila diketahui defisit kas maka dapat direncanakan sumber dana yang digunakan untuk menutupnya dengan biaya yang paling rendah. Begitu sebaliknya.
Penyusunan budget kas dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu
1.    Menyusun estimasi penerimaaan dan pengeluaran menurut rencana operasional. Transaksi di sini merupakan transaksi operasional  dan pada tahap ini bisa diketahui adanya defisit atau surplus.
2.    Menyusun estimasi kebutuhan dana atau kredit bank atau sumber-sumber dana lainnya untuk menutup defisit kas. Serta disusun pula estimasi pembayaran bunga kredit dan waktu pembayarannya  kembali. Transaksi di sini disebut transaksi finansial.
3.    Menyusun budget kas final yang merupakan gabungan dari transaksi operasional dan transaksi finansial.


Sebelum menyusun cash budget maka terlebih dahulu diketahui pengertian dari cash budget. Berikut beberapa pendapat tentang pengertian cash budget.
Bambang Riyanto (1996 : 97) menyatakan bahwa cash budget adalah estimasi terhadap posisi kas untuk periode tertentu yang akan datang.
Sedangkan menurut Erich a. Helfert (1997 : 128 ) menyatakan bahwa anggaran kas adalah sarana perencanaan bulan demi bulan atau minggu demi minggu yang sangat spesifik, biasanya disusun oleh staf keuangan suatu perusahaan.
M. Munandar (2001 : 311) mengemukakan bahwa cash budget adalah budget yang merencanakan secara lebih terperinci tentang jumlah kas beserta perubahan-perubahannya dari waktu kewaktu selama periode yang akan dating, baik perubahan yang berupa pengeluaran kas, maupun yang berupa penerimaan kas.
Dari ketiga pendapat diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa cash budget adalah suatu perencanaan yang menunjukkan penerimaan dan pengeluaran kas untuk mengetahui kapan akan terjadi surplus dan deficit untuk suatu periode yang akan datang.

Sumber : http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2063181-pengertian-cash-budget-anggaran-kas/#ixzz1p9t0mGx6









Tidak ada komentar:

Posting Komentar